Senin, 13 Desember 2010

Sentuhan TRD untuk Toyota Prius

Selasa, 2 November 2010 | 14:20 WIB
Carscoop
Prius PLUS mendapatkan balutan bodikit TRD
LAS VEGAS, KOMPAS.com — Kepopuleran mobil berteknologi hibrida kian menjadi santapan empuk bagi para pemodifikasi, termasuk rumah modifikasi resmi sebuah pabrikan mobil. Toyota, salah satunya, menawarkan Prius pada ajang SEMA Show 2010 dengan paket modifikasi resmi dari Toyota Racing Development. Produk ini pun dinamai Prius PLUS.

Sayangnya, TRD kali ini tak menyentuh jantung pacu. Mobil hibrida terlaris di dunia ini hanya mendapat balutan body kit, suspensi dengan setelan sport, serta velg dan ban yang lebih besar untuk mendukung agar pengendalian lebih baik.

Terdapat tujuh bagian paket aerodinamika yang diberikan TRD, mulai dari spoiler untuk bemper depan dan belakang, sideskirt, hingga diffuser belakang. Berdasarkan keterangan Toyota, balutan body kit ini tak memengaruhi koefisien hambatan angin yang dimiliki Prius, yang berarti tetap 0,25 cd.

Prius PLUS dipasangi velg aluminium 17 inci bergaya balap yang dibalut ban berprofil rendah berukuran 215/45 R17 dengan sudut keselarasan roda yang dapat diatur. Hasilnya, jarak pijak dapat ditambah tanpa memengaruhi hambatan putar (rolling resistance).

Untuk meningkatkan pengendalian, bagian kaki dipasangi per yang lebih pendek dan berkarakter sport. Toyota mengklaim, turunnya titik berat gravitasi memberikan kemampuan yang lebih baik pada mobil ini dalam membelok sekaligus membuat kemudinya kian responsif. Prius PLUS juga dilengkapi batang stabilizer di suspensi belakang untuk mengurangi gejala body roll dan mobil tetap stabil saat bermanuver cepat.

Adapun untuk melengkapi paket modifikasi, karpet di dalam kabin Prius berbordir logo "PLUS" sebagaimana logo di pintu belakangnya.
Saat ini, TRD juga tengah mempersiapkan paket "PLUS" lain untuk model-model hibrida dari Toyota. Sebagai informasi, Prius PLUS mulai dijual awal April 2011 di Jepang.
Penulis: BBB
Editor: Bastian
carscoop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar