Minggu, 05 Desember 2010

18 Oktober, 2008

Membuat Media Pembelajaran

Media sebagai alat pendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar merupakan kebutuhan yang bersifat “wajib” bagi guru.  Dengan media pembelajaran yang ada maka akan dapat meringankan kerja guru dalam mendemonstrasikan ilmu/pengetahuannya di hadapan para perserta didik.
Ada banyak jenis media pembelajaran yang bisa digunakan oleh para guru, salah satu media yang cukup baik digunakan adalah media presentasi berbasis komputer menggunakan software presentasi Microsoft Powerpoint.  Dengan media presentasi powerpoint kita dapat mengapresiasikan ide kita dengan lebih jelas kepada peserta didik.
Membuat media pembelajaran dengan software presentasi Microsoft Powerpoint tidaklah sulit, jika ingin membuat format jadi tinggal isi kita dapat menggunakan fasilitas wizardnya. Banyak buku-buku panduan yang bisa anda dapatkan di toko-toko buku maupun di situs-situs. Pada bagian bawah ini juga saya lampirkan tutorial membuat media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint 2003. Meskipun saat ini Microsoft Powerpoint sudah mencapai versi 2007, tetapi versi2003 saya yakin masih banyak digunakan. Tutorial ini bersifat singkat (6 halaman) jadi anda tidak perlu waktu yang lama untuk membaca dan mencobanya. Semoga bermanfaat, saya tunggu kritik dan sarannya.
2 Desember, 2010

STUDI MERAPI 20

MONITORING PASCA LETUSAN MERAPI
Budi Setiyarso
30 Nopember 2010
Pasca letusan Merapi
Pasca letusan Merapi
Kita harus bersyukur dengan perkembangan teknologi dan teknologi informasi sekarang ini. Setelah didengung-dengungkan ketakutan terjadinya Perang Dunia ke III yang dikhawatirkan akan terjadi perang nuklir dan perang via satelit. Sebelum kejadian itu terjadi (semoga tidak), namun kita dapat merasakan kecanggihan teknologi itu untuk kepentingan sipil khususnya edukasi seperti monitoring letusan Merapi. Penggunaan satelit untuk kepentingan damai ini banyak yang dapat kita nikmati secara free baik melalui download laporan nasional seperti BNPB, Bakosurtanal, BMKG, LAPAN dsb maupun laporan internasional seperti CRISP, USGS, NASA, NOAA dsb.
30 November, 2010

STUDI MERAPI 18

FOTO-FOTO ERUPSI MERAPI

Andi Hidayat

30 Nopember 2010
Erupsi Merapi adalah bentuk dari aktivitas vulkanisme. Sebuah kegiatan alam yang bersifat konstruktif, sebuah aktivitas yang membangun permukaan bumi. Bagi bumi aktivitas vulkanis merupakan proses pembentukan permukaan bumi. Berikut ini ada beberapa foto-foto Erupsi Merapi yang dapat kita gunakan sebagai bahan refleksi bagi kita.
Foto-foto ini di ambil dari Montserrat Volcano. Jika ingin mendapatkan foto yang lebih lengkap, anda dapat mengklik langsung link tersebut.
30 November, 2010

STUDI MERAPI 19

PAHLAWAN MERAPI

Andi Hidayat

30 Nopember 2010
Bencana  erupsi Merapi menimbulkan banyak korban, baik manusia maupun lingkungan hidup di sekitarnya. Di saat beban berat dipikul oleh para korban bencana Merapi, muncullah pahlawan-pahlawan yang tanpa pamrih secara sukarela melakukan evakuasi terhadap para korban yang masih terjebak di wilayah bencana. Dengan keberanian yang tinggi mereka masuk ke kawasan bahaya untuk menolong sesamanya, bahkan beberapa dari merekapun juga menjadi korban keganasan awan panas. Kredit bagi pengorbanan mereka, mereka layak kita sebut PAHLAWAN .  Berikut ini ada beberapa foto-foto kegiatan evakuasi bencana Merapi yang dapat kita gunakan sebagai bahan refleksi bagi kita. Sebagai bahan renungan bagi kita akan pentingnya hidup kita bagi sesama.
Foto-foto ini di ambil dari Montserrat Volcano. Jika ingin mendapatkan foto yang lebih lengkap, anda dapat mengklik langsung link tersebut.
30 November, 2010

STUDI MERAPI 17

DAMPAK LETUSAN DI SEKITAR LERENG MERAPI

Andi Hidayat

30 Nopember 2010
Bencana Merapi menimbulkan begitu banyak dampak bagi lingkungan di sekitarnya, tak terkecuali pada manusia. Dampak erupsi tidak hanya menyebabkan penderitaan secara fisik maupun batin, tetapi mereka juga kehilangan banyak harta benda. Erupsi yang ditimbulkan juga membuat lahan di lereng Merapi yang semula hijau nan indah berubah menjadi pemandangan gersang nan menyeramkan. Berikut ini ada beberapa foto-foto korban jiwa akibat Erupsi Merapi yang dapat kita gunakan sebagai bahan refleksi bagi kita.
Foto-foto ini di ambil dari Montserrat Volcano. Jika ingin mendapatkan foto yang lebih lengkap, anda dapat mengklik langsung link tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar